Membuat Cover Majalah Dari Corel Draw


Akhir Tahun ini Acehdesain ingin berbagi tutorial dengan harapan dapat memberi sedikit manfaat bagi pengunjung blog ini. Tutorial kali ini saya akan menjelaskan step by step membuat cover majalah dengan menggunakan corelDRAW dengan pertimbangan masih praktisi atau pelajar yang sedang belajar menggunakan corel. Meskipun banyak praktisi grafis mulai menggeser posisi corel dengan aplikasi grafis lainnya seperti Ai, PSD, dll, namun di Aceh sendiri saat ini corel masih menjadi tool setia untuk grafis, Langkah-langkah berikut agak panjang dan akan saya persingkat semudah mungkin agar tidak membosankan bila anda mengikuti.
image description
Baiklah langkah pertama yang perlu dipersiapkan adalah model Cover Majalah itu sendiri, disini saya menggunakan model Inong Aceh memegang rencong karya fotografer Qboenk, (izin bang ya), Anda bisa menggunakan model lain tergantung stock yang anda miliki saat ini.
Langkah 1 : Menyeleksi Foto dengan Photoshop.
Gunakan cara tercepat untuk menyeleksi objek dengan photoshop, ditutorial sebelumnya saya sudah posting tuturial proses menyeleksi, anda dapat mencobanya disini dan disini.
a
Langkah 2: Membuat Background
Dengan Menggunakan Rectangle Tool buat kotak persegi, Tekan CTL + Q pada keyboard untuk mengkonvert.
2
Gunakan Shape tool untuk membuat titik tengah sehingga menjadi segi tiga.
3
Perbanyak objek segitiga seperti gambar dibawah ini,
4
Warnai satu persatu seperti gambar dibawah ini:
5
Untuk Sementara Background sudah siap
Langkah 3: Membuat Ukuran dan Content dan Powerclip
Untuk ukuran saya menggunakan ukuran 210x297mm. Klik dua kali pada Rectangle tool secara otomatis akan muncul kotak sesuai dengan ukuran layar.6
Efek Power Clip. Group background yang sudah disiapkan kemudian pilih
7
Insert foto model yang telah disiapkan posisikan ditempat yang sesuai.
8
Langkah 4: Menambahkan beberapa kontenAda beberapa content yang akan di isi untuk menghiasi cover majalah, selain sebagai hiasan konten juga berguna untuk menampilkan informasi yang menarik dalam isi majalah.
Mulai dengan mengetik “tutorial” gunakan font franklin ghotic demi cond,selanjutnya tuliskan corelDRAW dengan font franklin bold yang sama, posisikan dua baris paling atas cover, seperti gambar dibawah.
10Karena posisi tulisan menutup kerudung model sebaiknya tempat dibelakang, caranya klik pada model kemudian tekan Ctrl + Shift + Page Up. secara otomatis foto model akan berada diatas tulisan, selanjutnya buatlah kotak dengan menggunakan rectangle tool dengan dua ukuran, besar dan kecil. warnai dengan warna yang berbeda dan isikan dengan tulisan seperti dibawah dengan menggunakan font yang sama (font franklin).
11Selanjutnya ketik tulisan “Tips & Trik cepat Menguasai CorelDRAW” dan beberapa tulisan lainnya seperti pada contoh dibawah dengan menggunakan font franklin, agar terkesan ada penekanan variasikan dengan tipe cond dan bold.12Selanjutnya buat kotak memanjang dengan menggunakan ractangle tool, warnai dengan warna biru dan tuliskan “ACEH” dan “DESIGN”. posisikan kotak memanjang dibelakang model, kemudian text diwarnai dengan warna putih. rotate (putar sedikit text agak miring) dan power clip kedalam kotak warna biru.
13
wahhhh,….akhirnya selesai juga, silakan dicoba, saya mau mandi dulu ya….salaeum acehdesain
image description

0 komentar:

Post a Comment

Trimakasih Telah Berkunjung dan Silahkan Tinggalkan Jejak Anda dibawah Ini